Senin, 29 Juli 2013

Situs Warisan Alam di Pulau Jeju



Chingudeul pasti sudah sangat mengenal tentang Pulau Jeju. Pulau yang terkenal dengan wisata alam dan pemandangannya ini saat ini sudah menjadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Taukah chingudeul sekalian bahwa di Pulau Jeju banyak lokasi wisata alam yang masuk dalam Situs Warisan Alam Dunia dari UNESCO?! Berikut adalah lokasi Situs Warisan Alam di Pulau Jeju:


1.  Cagar Alam Gunung Hallasan


Dengan tinggi 1.950 meter, Gunung Hallasan merupakan gunung tertinggi di Korea Selatan. Gunung ini memiliki  lereng yang lembut yang terbentuk oleh bebatuan dari aktivitas gunung berapi. Bagian puncak gunung terbilang curam. Berbagai spesies hewan dan tumbuhan langka menghuni cagar alam Gunung Hallasan ini. Karena bentang alam yang unik dan misterius yang tercipta oleh 360 kerucut abu membuatnya menjadi obyek penelitian yang luar biasa, Gunung Hallasan menjadi cagar alam sejak tanggal 1970 oleh Pemerintah Korea.

2.  Puncak Seongsan Ilchulbong

 

Puncak Seongsan Ilchulbong atau yang disebut 'Oreum Matahari Terbit’ adalah salah satu gunung  yang tercipta dari letusan bawah laut dangkal pada 5000 tahun yang lalu. Letusan ini membentuk sebuah cincin  batuan vulkanik unik yang naik keatas permukaan laut. Puncak ini memiliki ketinggian 182 meter dari atas permukaan laut. Pada awalnya Puncak Seongsan Ilchulbong  adalah sebuah pulau, namun lambat laun pasir dan bebatuan membentuk jalan sehingga Puncak Seongsan Ilchulbong  menyatu dengan daratan. Puncak Seongsan Ilchulbong salah satu hal berharga dari Pulau Jeju, yang menarik wisatawan untuk menikmati matahari tenggelam dan terbit.

 3.  Pipa Lahar Geomunoreum


Pipa Lahar Geomunoreum mengacu pada serangkaian pipa lahar yang terbentuk sekitar 100.000 hingga 300.000 tahun yang lalu oleh sejumlah besar aliran lava basal yang dimuntahkan dari Gunung Geomunoreum. Pipa Lahar yang ditetapkan sebagai Warisan Alam Dunia oleh UNESCO adalah Bengdwigul, Manjanggul, Gimnyeonggul, Yongcheondonggul, dan Dangcheomuldonggul.
Pipa lahar terbesar adalah Manjanggul. Segi panjang dan lebarnya, Manjanggul dan Gimnyeonggul adalah salah satu formasi yang paling diakui secara internasional. Bengdwigul memiliki gua labirin yang sangat rumit diseluruh dunia. Gua lain yang menonjol dalam hal nilai geologi adalah Yongcheondonggul dan Dangcheomuldonggul di pantai selatan Jeju. Sementara Gua Dangcheomuldonggul cukup kecil, yang terbentuk dari formasi batu gamping. Selain itu, struktur batu kapur dan fitur geologi yang ditemukan di Yongcheondonggul tak tertandingi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar