Senin, 29 Juli 2013

Permainan Tradisional di Korea Selatan


Meskipun kemajuan iptek di korea telah berkembang pesat, namun beberapa permainan tradisional Korea masih tetap terjaga hingga saat ini. Di Korea permainan tradisional biasanya dimainkan pada acara khusus seperti hari “thanks giving” dan tahun baru imlek. Ada banyak permainan tradisional Korea yang mungkin bisa menambah pengetahuan chingu semua, yuk disimak !.


Yutnori


Yutnori merupakan salah satu permainan tradisional Korea dimana alat permainannya menggunakan tongkat bambu. Yutnori mulanya dimainkan oleh petani sejak abad ke- 5, hingga saat ini permainan Yutnori dianggap sebagai permainan populer di Korea . Cara permaian Yutnori ialah dimainkan dengan menggunakan empat tongkat bambu yang dikenal dengan sebutan “ yut”. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang atau 2 tim secara bergiliran.

Masing-masing harus melempar Yut 2-3 kali dan membiarkan keempat yut itu jatuh diatas tikar. Salah satu dari berikut kombinasi hasil blok: satu datar dan tiga putaran; dua datar, dua putaran,tiga datar,dan satu putaran;empat datar ;atau empat putaran.

Tuho


Tuho merupakan salah satu permainan tradisional Korea yang cukup terkenal hingga saat ini. Permainan ini sepertinya terlihat mudah namun kenyataannya tidak demikian karena pemainnya harus  melempar anak panah kedalam botol berleher sempit. Permainan ini juga sering diadakan sebagai bentuk hiburan para bangsawan di Korea. Pemenangnya adalah  mereka yang melempar tongkat paling dalam. Dalam permainan ini masyarakat Korea percaya bahwa siapa yang bisa memasukan anak panah berturut-turut maka keinginannya akan terkabul.

Backgammon


Permainan tradisional Korea yang satu ini berbentuk papan board yang dimainkan oleh 2 orang. Peraturan permainannya yakni setiap pemain dibekali 15 biji yag digerakan menurut hasil lemparan dua dadu. Pemenangnya ialah mereka yang berhasil menempatkan semua biji terlebih dahulu di luar papan permainan. Sejarah permainan  tradisional Korea Backgammon termasuk permaian tertua, permainan tradisional ini berasal dari Mesopotamia. Kata Bacgammon memiliki pengertian yang diambil dari bahasa inggris “back”(kembali) dan game “permainan”.

Yeon Naligi


Permainan ini jika dilihat hampir mirip seperti permaian layang-layang. Pada jaman dulu adat menulis nama seseorang di layang-layang di hari kelahiran bertujuan untuk membuang sial dan memperoleh keberuntungan. Cara permainannya yakni menggunakan beberapa kertas yang melekat pada bingkai bambu dan terhubung ke string panjang dan diterbangkan ke angkasa. Selain pemain bisa menulis pada layang-layang tersebut guna membuang sial dan memperoleh keberuntungan, pemain juga bisa bersaing dengan pemain lainnya untuk melihat siapa yang mampu memotong yeon string .

Neoltwiggi


Neoltwiggi merupakan permainan tradisional yang terbuat dari papan kayu sepanjang 3 meter dan dimainkan oleh 2 orang. Biasanya ditengah-tengah papan kayu digunakan setumpuk jerami untuk tumpun. Persis sekali  dengan permainan tradisional  Indonesia yaitu “Jungkat-Jungkit”. Meskipun mirip namun cara permaiannya berbeda, jika di ndonesia permainan ini dimainkan dengan posisi duduk, sedang di Korea pemain harus berdiri. Pemain yang terjatuh atau gagal dalam melompat di papan kayu dialah yang kalah, meskipun terlihat mudah namun pemain Neoltwiggi ini harus membutuhkan keahlian khusus dalam menyeimbangkan badan. Neoltwiggi  biasanya popular  dimainkan oleh anak-anak pada hari raya.

Baduk


Permainan tradisional ini biasanya popular dimainkan orang dewasa. Permainan tradisional Baduk dimainkan oleh 2 orang pemain. Keduanya bergantian menempatkan batu hitam dan putih di persimpangan kosong gird garis dengan ukuran standar grid ini adalah 19 × 19. Tujuan dari permainan ini  untuk mengontrol bagian yang lebih besar dari papan milik lawan. Untuk mencapai hal ini, pemain berusaha untuk menempatkan batu mereka sedemikian rupa sehingga mereka tidak dapat ditangkap. Persis seperti permainan catur.

Gimana chingu menarik kan ulasan permainan tradisonal korea?, jika chingu mencintai budaya Korea jangan lupa untuk mengenal juga permainan tradisional Korea yang  sampai saat ini masih popular seperti permainan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar