Senin, 29 Juli 2013

Itaewon, Daerah Bernuansa Islami di Korea Selatan


Itaewon terkenal dengan spot-spot Islaminya

Peta spot-spot Islam di Itaewon

Itaewon merupakan sebuah daerah di Kota Seoul dengan ciri khas budaya luar Korea. Awalnya merupakan daerah tempat tinggal tentara AS yang tinggal di Korea setelah Perang Korea (1950-1953), yang kemudian berkembang setelah Olimpiade Seoul tahun 1988 dan Piala Dunia FIFA tahun 2002. Sejak itu, Itaewon menjadi sebuah distrik multikultural yang merangkul budaya Timur dan Barat. Di daerah ini kita akan menemukan berbagai toko yang menjual pakaian dan aksesori dari berbagai ukuran dan gaya atau restoran internasional dan bar. Perpaduan unik itulah yang menyebabkan Itaewon menjadi salah satu tempat tujuan wajib wisatawan asing.


Islamic Street dan Seoul Central Mosque di Itaewon

 
Kawasan Masjid Central Seoul dan Islamic Street

Bagi pengunjung beragama Islam yang mengunjungi Seoul, mungkin mengalami kesulitan dalam menemukan makanan halal dan tempat beribadah, namun akan mudah jika berkunjung ke Itaewon. Di Itaewon terdapat Seoul Central Mosque, yang merupakan pusat masjid di Korea, dan ‘Islamic Street,' yang menyediakan makanan-makanan halal di sepanjang daerah tersebut. Oleh karena itu, ‘Islamic Street’ selalu ramai dengan umat muslim dan wisatawan luar lainnya, khususnya saat sore hari.

Transportasi menuju Islamic Street:

- Itaewon Station (Subway Line 6) Exit 3,
- Walk straight and turn right down the first side street
- Turn down the 3rd side street to your left (Usadan-ro 10gil). This is “Islamic Street.”

Seoul Central Mosque

Suasana Seoul Central Mosque di Itaewon

Itaewon terkenal dengan Seoul Central Mosque yang merupakan pusat dari sepuluh masjid yang ada di Korea. Dengan 100,000 lebih umat Muslim yang tinggal di Korea, jumlah pengunjung ke masjid terus meningkat setiap tahun. Masjid ini dibuka pada tahun 1976 untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara Korea dan negara-negara Muslim dan untuk memperkenalkan budaya Islam ke Korea.

Rata-rata setiap hari, 20-30 jamaah mengunjungi Masjid ini, namun akan berlipat menjadi ratusan jika hari Jumat atau akhir pekan. Masjid merupakan sebuah tempat peristirahatan yang nyaman bagi mereka (siswa muslim, diplomat, pengusaha, dan penduduk lain dari Korea) yang berusaha untuk hidup dengan aturan ketat Alquran. Sebuah festival juga diselenggarakan di masjid setiap tahun selama periode puasa Ramadan.

Seoul Central Mosque juga bertanggung jawab untuk sertifikasi halal produk Korea yang diekspor ke negara-negara Islam. Seoul Central Mosque satu-satunya lembaga resmi sertifikasi halal di Korea yang diakui oleh negara-negara Islam. Sejak awal 1990-an, telah memberikan sertifikat halal kepada 174 jenis barang ekspor, termasuk produk susu Korea, mie ramyeon, kimchi, dan teh.

Restoran Halal rekomendasi Seoul Central Mosque

 Bagi umat muslim atau pengunjung yang mengunjungi Seoul Central Mosque dapat menemukan beberapa restoran di sekitar Masjid yang menawarkan hidangan-hidangan halal sesuai aturan Islam. Antara lain:

SALAM


 Salam adalah salah satu restoran paling terkenal di ‘Islamic Street’ dan menjadi salah satu restoran yang memperkenalkan masakan tradisional Turki ke Korea. Restoran ini menghidangkan kebab daging sapi dan domba dan hidangan domba yang lain digabungkan dengan sayuran. Makanan yang disediakan di SALAM Restoran antara lain: sup Merjimek Turki, kebab, salad Coban, ayran, teh dan kue.

Informasi:

Business hours: Weekdays and weekends 12:00-22:00
Closed on the first and third Monday of every month
Main menu: Salam course (for 2 or more): 24,000 won
Kebabs: 10,000-12,000 won
Address: Seoul-si, Yongsan-gu, Hannam-dong 732-21
Contact: +82-2-793-4323 (Korean, English, Chinese)
Homepage: www.turkeysalam.com (Korean)

WAZWAN


Wazwan adalah restoran India yang terletak tepat di seberang masjid. Berbagai makanan asli India dengan harga yang wajar membuat banyak pengunjung maupun penduduk setempat yang mendatangi restoran ini. . Salah satu pilihan yang paling populer adalah menu khusus yang dilengkapi dengan samosa, tandoori ayam, kari, India beras, dan makanan penutup. Khusus untuk reservasi kelompok besar harus dilakukan  tiga hari sebelum hari H.

Informasi:

Business hours: Weekdays and weekends 11:00-23:00
Closed 1-2 Mondays a month (no fixed schedule)
Menu: Special set menu: 41,000 won
Tandoori chicken: 16,000 won
Curry: 10,000-13,500 won
Address: Seoul-si, Yongsan-gu, Hannam-dong 732-151
Contact: +82-2-798-1253 (Korean, English, Hindi)

TAJ PALACE


Restoran India lain yang direkomendasikan adalah Taj Palace, yang menawarkan menu dasar kari, naan, dan thali, serta menu makanan vegetarian. Semua ayam dan daging domba merupakan daging halal, dan rempah-rempah segarnya dibawa langsung dari India. Restoran ini menyajikan minuman seperti lassi dan tradisional chai, namun tidak melayani alkohol. Makanannya disiapkan oleh koki yang telah bekerja di sebuah hotel mewah di New Delhi, namun ditawarkan dengan harga yang wajar. Restoran ini terletak di sebelah kanan jalanan di Islamic Street saat kita turun dari Exit 3 di Stasiun Itaewon.

Informasi:

Business hours: Weekdays 11:00-22:30 / Weekends 11:00-23:00
Closed on New Year’s and Chuseok holidays
Menu: Deluxe Course Menu: 30,000 won
Tandoori chicken: 18,000 won
Kebabs: 16,000-30,000 won
Address: Seoul-si, Yongsan-gu, Itaewon-dong 132-2
Contact: +82-2-790-5786 (Korean, English, Japanese, Chinese, Hindi, Urdu) Homepage:http://www.tajpalace.co.kr/ (Korean)

MR. KEBAB Itaewon


Mr Kebab dibuka oleh beberapa  warga Turki yang telah tinggal di Korea selama lebih dari 12 tahun. Untuk menjaga cita rasanya, restoran ini hanya mempekerjakan koki dari Turki, roti, saus, dan yogurt semua dibuat segar di restoran. Hidangan yang paling populer adalah ayam dan kebab domba dan pilaf serta Kebab Iskender (hidangan yang terbuat dari roti tradisional Turki, kebab domba, dan yogurt). Untuk menuju kesana, dari Exit 3 di  Stasiun Itaewon, berjalan sekitar 20 meter dan Anda akan menemukan Mr Kebab di sebelah kanan.

Informasi:

Business hours: Weekdays 11:00-04:00 (next day) / Weekends
No scheduled days off (Open all year round)
Menu: Kebabs 4,000-10,900 won
Today's Chef Selection: 7,000 won
Address: Seoul-si, Yongsan-gu, Itaewon 1-dong 127-2
Contact: +82-70-7758-1997 (Korean, English, Turkish)
Homepage: www.mrkebab.co.kr (Korean, English)

Toko-Toko di Islamic Street


Di Islamic Street yang terletak disekitar Seoul Central Mosque juga terdapat aneka toko yang menjual barang-barang khas umat muslim. Antara lain:

National Food Mart (+82-2-790-6547) menjual berbagai bahan nuansa Islam dan makanan olahan dengan logo halal. Toko ini biasanya ramai dengan umat Muslim serta wisatawan Korea dan internasional.


Halal Meat Shop (+82-2-798-8611) menjual daging sapi beku, daging domba, dan ayam. Di toko ini, pengunjung akan menemukan sebuah diagram dari sapi yang disembelih sesuai dengan peraturan Islam.

Mereka yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang iman Islam dianjurkan untuk mendatangi Islamic Book Center (+82-2-794-0968) yang tidak hanya menjual Alquran, tetapi berbagai buku tentang Islam dalam berbagai bahasa (Korea, Inggris , Arab, Hindi).
  

Ada juga Step-in (+82-2-798-3909) toko yang menjual jilbab/kerudung dengan harga sekitar 10,000 won
Dan juga, Salam Bakery (+82-2-749-4323) yang menjual segar dipanggang dibuat oleh koki pastry dari Suriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar