Jumat, 26 Juli 2013

10 Snack Terfavorit di Korea Selatan



Snack atau cemilan adalah makanan yang digemari banyak orang di dunia, tidak terkecuali orang Korea. Ada dua macam cemilan negeri gingseng korea, yakni “gansik berarti ‘makanan yang dimakan diantara waktu makan’ kedua “gwaja berarti ‘snack atau cemilan’. Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai gwaja. Gwaja adalah makanan yang diproduksi dalam jumlah banyak, dijual dengan kemasan yang menarik di supermarket atau toko-toko bahan makanan lainnya, dan biasanya makanan ini cenderung adiktif (membuat ketagihan). Bagi chingudeul yang punya hobi ngemil, wajib mencoba beberapa snack berikut ini:



1. Saewookkang



Saewookkang berarti udang dan biasa disebut ‘Nation’s gwaja’. Snack rasa udang yang gurih ini merupakan makanan ringan olahan pertama yang bisa dimakan oleh bayi dan para manula, karena mudah dicerna. Di Korea snack ini juga biasa diberikan kepada burung camar, bebek, angsa, dan ikan mas besar, dan dibeberapa tempat minum seperti bar snack ini kadang diberikan secara cuma-cuma bagi pengunjung. Saewookkang telah diproduksi sejak tahun 1971 dan menggunakan jingle iklan yang sama dari tahun 1988. Info : www.saewookkang.com

2. Chocopie



Chocopie adalah spongecake lembut dilapisi coklat dengan isi marshmallow dengan cita rasa yang manis. Chocopie juga menjadi alternatif lain untuk kue ulang tahun bagi mereka yang tidak sanggup membeli kue ulang tahun atau bagi mereka yang memerlukan kue ulang tahun mendadak. Selain itu Chocopie merupakan snack yang mempunyai arti khusus bagi mereka yang menjalani wajib militer. Snack ini merupakan lambang kehidupan kembali “normal” bagi mereka telah selesai melakukan wajib militer di Korea Selatan. Info : www.chocopie.co.kr

3. Matdongsan



Snack ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada pertengahan tahun 70-an dan langsung menjadi panganan favorit sejak itu. Matdongsan adalah camilan renyah, manis, yang lipisi gula lengket dan taburan kacang pada permukaannya dengan rasa yang sangat lezat. Snack ini merupakan salah satu snack Korea yang sangat direkomendasikan sebagai snack yang wajib dicicipi.

4. Jollypong



Nama snack ini diambil dari istilah “Pong” yang berarti beras yang dimasukkan dalam mesin tradisional yang ketika digiling mengeluarkan suara keras ‘Pong!’. Snack ini sendiri mulai diproduksi secara tradisional pada awal tahun 70-an dan cukup digemari hingga saat ini. Di Korea Jollypong juga dijadikan sebagai sereal untuk sarapan pagi yang disantap dengan susu sehingga rasanya yang gurih menjadi manis. Info : www.jollypong.com

5. Ojingeo Ttangkong



Secara harfiah Ojingeo berarti cumi-cumi sedangkan “Ttangkong berarti kacang. Snack cumi panggang dan kacang ini cocok dipasangkan dengan “Anju (minuman khas Korea). Aroma seafood yang khas dengan cita rasa gurih dengan kacang ditengahnya menjadikan snack ini sebagai salah satu snack favorit orang Korea. Snack ini memiliki tekstur unik pada bagian permukaannya yaitu motif tersenyum.

6. Pepero



Pepero adalah snack terpopuler di Korea. Begitu populernya hingga warga Korea memperingati tanggal 11 November sebagai “Pepero Day” yang merupakan hari libur tidak resmi. Biskuit dengan lapisan cokelat pada sebagian permukaannya ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Pepero sangat popular dikalangan remaja Korea sebagai snack lambang cinta yang biasa dinikmati oleh sepasang kekasih saat mereka berkencan. Info : www.pepero.co.kr

7. Yangparing



Yangpa ring berarti Yangpa yaitu bawang” dan “ring cincin. Snack ini tidak terbuat dari bawang yang diiris menyerupai bawang kemudian digoreng, namun snack ini terbuat dari tepung olahan yang diberi perasa bawang. Rasanya yang lezat dan mudah lumer dimulut membuat orang sering lupa diri saat menyantap snack ini. Warga Korea biasa menyantap snack ini dengan menggunakan sumpit dan memakannya sekaligus.

8. Kkokkalcorn



Snack jagung sangat populer dimana-mana tak terkecuali di Korea Selatan. Diantara berbagai macam jenis snack jagung, Kkokkalcornlah yang paling terkenal. Nama Kkokkalcorn berarti “topi jagung berbentuk kerucut”. Rasanya yang asin ini, renyah dan gurih membuat snack ini cocok dijadikan cemilan di waktu senggang.

9. Goraebap



Gorae dalam bahasa Korea berarti “ikan paus”. Snack ini memiliki rasa yang gurih berbentuk macam-macam makhluk laut dengan tekstur tipis tanpa isian. Biasanya snack ini dimakan dengan cara memakannya sekaligus dan membuat orang yang memakannya seolah-olah menjadi ikan pasu kelaparan yang memakan plankton-plankton kecil dengan lahap sekaligus.

10. Homerunball




Homerunball adalah snack berbentuk bulat seperti bola dengan isi krim coklat yang manis dan lembut didalamnya. Snack ini terdiri dari dua jenis, yaitu versi polos (tanpa rasa) dan versi dengan krim cokelat. Umumnya versi kedua lebih banyak digemari warga Korea terutama anak-anak dan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar