Senin, 29 Juli 2013

Sejarah Kawasan Myeong-Dong



Sebelum menjadi kawasan perbelanjaan yang sangat luas di Korea Selatan. Myeong Dong merupakan lokasi pementasan seni pada zaman perang Korea tahun 1960. Selama Dinasti Joseon Myeong Dong disebut Myeong-gandum-bang (명례방) dan sebagian besar daerah pemukiman warga. Selama pendudukan Jepang di Korea, nama kawasan ini diubah menjadi Myeong-chi-jeong (명치정) dan kawasan ini pun tidak hanya sekedar kawasan pemukiman namun juga merupakan kawasan bisnis yang dipengaruhi oleh tetangganya Chungmuro. Myeong-chi-jeong pun berubah nama menjadi Myeong Dong pada tahun 1946 setelah sebelumnya bernama Gangbokjeol.


Pada 1960, setelah Perang Korea pertumbuhan sektor ekonomi dan keuangan di kawasan Namdaemun dan Euljiro secara bertahap diperluas ke kawasan Myeong-Dong. Akibat dari perluasan ekonomi dikawasan Namdaemun dan Euljiro, banyak bangunan-bangunan tinggi serta pertokoan, pusat perbelanjaan, restoran, dan kawasan bisnis terkenal disini. Semua bangunan dikota ini pun direnovasi, sehingga menjadikan kawasan Myeong-Dong menjadi lebih modern dan mewah ditahun 70an.


Tidak hanya menjadi daerah komersial dan kawasan bisnis, Myeong-Dong juga sering digunakan menjadi tempat berdemonstrasi dan ajang pagelaran karnaval pada tahun 1970an sampai tahun 1980an. Pada tahun 2000 sampai sekarang, Myeong-Dong telah menjadi Kawasan Wisata Industri dimana sekitar 2 juta orang mengunjungi kawasan perbelanjaan setiap harinya.

Saat ini Myeong-Dong merupakan salah satu kawasan belanja terbesar  di Seoul, banyak terdapat toko-toko yang menjual barang-barang dengan berbagai harga dari produksi dalam negeri maupun luar negeri. Myeong-Dong juga adalah pusat fashion dan kehidupan malam bagi anak-anak muda Seoul. Kawasan ini merupakan kawasan termahal ke-9 di dunia dalam hal penyewaan tempat usaha.


Myeongdong memiliki 4 Mall terkemuka: Migliore, Lotte Department Store, Avatar, dan High Harriet. Wilayah ini juga menjadi pusatnya lembaga-lembaga keuangan dan bisnis di Korea Selatan. Beberapa perusahaan asuransi terkemuka juga berlokasi di sini diantaranya: Citibank, SK Corporation, Kookmin Bank, Korea Exchange Bank, Lone Star Funds, Sumitomo Mitsui Banking Corporation, AIG Korea Insurance, Hana Bank, dan HSBC. Pusat keuangan Seoul terbagi antara daerah ini dan Yeouido dimana terdapat Korean Stock Exchange (Bursa Efek Korea). Banyak kantor-kantor badan Internasional dan kedutaan besar negara sahabat disini, diantaranya: kantor pusat YWCA, badan UNESCO dan Katedral Myeongdong ( katedral Katolik tertua di Korea).

Kawasan Myeong-Dong juga merupakan kawasan favorit yang sering dijadikan lokasi syuting bagi film atau drama Korea. Selain penuh dengan sejarah, kawasan ini juga menyimpan banyak lokasi-lokasi yang patut chingudeul kunjungi. Bagi chingudeul yang ingin berbelanja, kawasan Myeong-Dong merupakan tujuan yang tepat dimana memiliki toko-toko dan restoran yang beraneka ragam. Wisata asing menyebut kawasan ini dengan One Stop Shopping.

Gimana chingudeul, semakin tahu banyak tentang Korea Selatan dan pasar Myeong-Dong kan? Jika chingudeul berwisata ke Korea Selatan terutaman didaerah Seoul, jangan lupa untuk mampir dan berbelanja disini. Selain kualitas barang disini bagus, banyak juga bangunan-bangunan bersejarah disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar