Senin, 29 Juli 2013

5 Hidangan Seafood Favorit di Korea


Musim semi, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan seafood di Korea Selatan. Hidangan  berbahan dasar seafood ini biasanya diolah dengan farian bumbu unik yang mampu menggugah selera. Chingu penasaran ingin tahu hidangan apa saja yang berabahan dasar seafood?. Berikut  admin bagikan Lima hidangan seafood favorit di Korea.


1. Gaejang


Yangnyum atau Ganjang gaejang adalah hidangan seafood Korea yang dibuat dengan cara merendam kepiting mentah  lalu dicampur kecap  atau gochujang (pasta cabai). Meskipun gaejang awalnya hanya disebut kepiting yang direndam dalam kecap,nyatanya bisa menjadi hidangan seafood favorit di Korea. Untuk mengolah makanan ini  langkah pertama ialah membersihkan kepiting terlebih dahulu menggunakan kuas, kemudian direndam dalam manguk air dingin lalu dibilas hingga bersih untuk menghilangkan bau amis. Saus yang diganakan untuk campuran Gae-Jang merupakan campuran kecap, minyak wijen,lemon, gula, daun bawang bawang putih cincang, jahe, dan cabai iris halus. Kecap panas dituangkan ke kepiting dalam mangkuk besar dan kemudian didinginkan.  Rasa pedas manis menjadi cita rasa yang tidak mungkin terlupakan dari menu seafood yang satu ini.

2. Hweh


Satu lagi menu seafood favorit di Korea ialah Hweh, yakni hidangan Korea yang terbuat dari tirisan tipis ikan mentah. Meskipun Hweh tidak dimasak, namun cara menghidangkan menu makanan seafood yang satu ini cocok disajikan bersama lauk  lainnya.  Untuk mengimbangi kelezatan tekstur makanan ini. Hweh berbeda dengan sashimi, Jepang dimana biasanya ikan dicelupkan ke dalam saus pedas manis lalu dibalut dengan sayuran. Soju adalah minuman yang tepat saat makan Hweh.

3. Jang Uh Gui


Jang uh gui adalah hidangan seafood Korea berbahan belut air tawar sebagai bahan utama. Hidangan ini dapat dipersiapkan dengan berbagai cara dipanggang. Memanggang belut untuk mencapai cita rasa yang sempurna memang perlu waktu yang tidak sebentar. Untuk mempersiapkan hidangan ini biasanya tulang dilepaskan dulu dari belut kemudian direndam dengan saus manis yang terdiri dari anggur beras, gochugaru (cabai merah serpih), minyak wijen, kecap bawang putih, gula dan jahe. Makanan ini kaya akan protein, kalsium, vitamin A dan E dan menikmati terutama selama musim panas yang panas untuk menghindari kelelahan panas. Hal ini juga diyakini baik untuk stamina.

4. Nakji Bokkeum


Nakji Bokkeum merupakan hidangan yang terbuat dari gurita kemudian dicampur dengan bumbu pedas. Hidangan ini menjadi salah satu hidangan favorit orang Korea pada saat musim semi. Gurita yang disajikan biasanya dipotong-potong kecil kemudian ditumis dengan gochujang pedas (pasta cabai merah) bersama dengan gochugaru (cabai merah serpih), minyak wijen, merah / cabai hijau, bawang hijau, wortel dan bawang. Apabila tidak ada gurita chingu bisa menggantinya dengan cumi-cumi untuk tekstur rasa kenyal.  Hidangan seafood yang satu ini biasanya dicampur dengan nasi.

5. Ojinguh Bokkeum


Ojinguh Bokkeum merupakan hidangan cumi pedas, mirip sekali dengan Nakji bokum. Proses pembuatannya pun hampir sama , bahan –bahan yang dipakai ialah aneka sayuran dapat mencakup paprika hijau & cabai merah, jamur, bawang hijau, wortel dan bawang. Makanan ini biasanya dicampur dnegan nasi, Kombinasi ojinguh bokum dan nasi putih dikukus adalah umum untuk membuat ojinguh merupakan hidangan yang dikenal sebagai cumi pedas diatas beras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar