Rabu, 19 Maret 2014

Wisata Kuliner Lezat di Tongyeong and Geoje


Terletak di sepanjang Laut Selatan yang terkenal dengan keindahan pantai dan lingkungan alam yang terawat baik, Tongyeong dan Geoje di Provinsi Gyeongsangnam adalah tujuan wisata kuliner dan tujuan wisata besar bagi turis tiap tahunnya. Wialayah ini kaya akan berbagai jenis seafood segar yang membuatnya juga dikenal sebagai sumber makan lokal.



Oyster (Tiram)


Tongyeong dan Geoje merupakan salah satu daerah penghasil tiram terbaik di Korea Selatan. Tiram yang dihasilkan dari daerah ini berukuran besar dan memiliki rasa yang lezat. Berbagai restoran di daerah ini menyajikan hidangan dari tiram yang disajikan mentah, dipanggang, dimasak dengan saus asam manis, dan dijadikan campuran dalam pancake gurih. Restoran biasanya memberikan harga sekitar 15.000 won – 25.000 won per orang untuk menyantap tiram.

Ikan mentah segar


Berbicara tentang kuliner Tongyeong dan Geoje tidak akan lepas dari ikan mentah segar yang disajikan dengan beberapa saus lezat. Saat musim dingin daging ikan yang dihasilkan akan lebih lezat dibandingkan musim lain. Untuk menyantap satu kombo ikan lengkap dengan abalone, teripang dan beberapa seafood lain lengkap dengan side dish dikenakan biaya sekitar 70.000 won – 300.000 won.

Meonggae yugwak bibimbap

 

Bibimbap adalah hidangan global yang popular diseluruh Korea. Beberapa daerah mempunyai bibimbap khas masing-masing dengan campuran berbeda dan bumbu khusus. Meonggae Yugwak Bibimbap adalah bibimbap khas yang terkenal dari Tongyeong dan Geoje, hidangan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan potongan-potongan kecil dari sea squirt, sayuran, dan yugwak (kerang besar yang diisi sayuran dan kerang yang dipotong kecil dengan saus doenjang yang kemudian panggang). Harga bibimbap Meonggae biasanya antara 8.000 won - 12.000 won.

Chungmu Gimbap

 

Berbeda dengan gimbap pada umumnya, Chungmu Gimbap tidak digulung bersama dengan isinya namun isi dan nasi disajikan terpisah. Nasi hanya digulung dengan rumput laut dan disantap dengan kimchi lobak dan cumi-cumi yang segar dan pedas. Hidangan ini awalnya merupakan hidangan yang umum dibuatkan istri-istri nelayan daerah setempat sebagai bekal makan siang suami mereka saat berlayar. Untuk menyantap chungmu gimbap biasanya pengunjung harus membayar sekitar 4.000 won – 5.000 won per orang.

Haemul ttukbaegi

 

Haemul ttukbaegi adalah hidangan yang terbuat dari berbagai macam seafood segar seperti kerang, turban shell, kepiting biru, dan udang, yang direbus dalam sebuah pot dengan saus doenjang atau gochujang tergantung restoran masing-masing. Hidangan ini memiliki kuah kaldu yang sangat lezat dan segar. Biasanya harga hiding ini berkisar antara 8.000 won - 15.000 won per orang.

Kkulbbang


Kkulbbang adalah roti camilan yang dijual oleh toko makanan kecil pada tahun 1960 - 1970-an. Kepopularan roti ini kian bertambah dari mulut kemulut hingga membuatnya menjadi oleh-oleh terkenal dari Tongyeong. Roti ini berisi pasta kacang merah azuki manis kemudian digoreng kemudian dilapisi sirup. Harga satu pack yang berisi 10 potong Kkulbbang biasanya berkisar antara 8.000 won – 10.000 won.

Ppaettegi-juk


Ppaettegi-juk adalah sejenis bubur yang terbuat dari ubi jalar yang dipotong tipis-tipis dan dikeringkan, kacang azuki merah, kacang merah, dan tepung beras ketan yang kemudian direbus hingga mengental. Hidangan manis ini biasa dijual dengan harga sekitar 4.000 won – 5.000 won per porsi. Banyak restoran ppettegi-juk dapat ditemui di gang seberang Pelabuhan Gangguan Geobukseon Ship.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar