Rabu, 19 Maret 2014

Mengenal Perkambangan Transportasi di Samsung Transportation Museum


Anda bingung mencari tempat liburan yang cocok untuk anak-anak selama berada di Korea Selatan ? datang saja ke Samsung Transportation Museum. Destinasi ini tidak hanya menawarkan kegembiraan namun juga aspek edukasi yang penting.



Museum yang bisa disebut STM ini didirikan pada tahun 1998. Bertujuan agar menjadi tempat belajar sekaligus mempromosikan sejarah dan keberagaman budaya yang melingkupi industri mobil dan transportasi pada umumnya. Ya, pengelola setempat percaya bahwa industri ini menjadi bagian penting dari peradaban manusia.


1977 Volkswagen Beetle STM Samsung Transportation Museum berdekatan dengan Everland di Yongin, Gyeonggi-do, tepatnya 292 Yuun-Ri, Pogok-Eup, Cheoin-Gu, Yongin-Si. Museum berlantai dua tersebut sangat menarik untuk dikunjungi apalagi bagi Anda yang membawa sang buah hati.

Di lantai pertama, kita bisa bawa anak-anak untuk menyusuri sedikitnya 11 ruangan. Seperti Beauty Zone, Public Zone, Classic Zone, Focus Zone, Cars in Films, Vessel Gallery, Premium Zone, Sports Zone, Korean Zone, The Craft Corner dan Locomotive Gallery. Di lantai dua, kita bisa mengunjungi Racing Zone yang berisi beberapa model mobil tua mulai dari Alfa Romeo 6c 1750SS hingga Minardi M193. Alfa Rome adalah mobil antik buatan Italy tahun 1929. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat dari dekat Hudson Super Six Racer buatan Amerika tahun 1917.


Nah, jika belum puas melihat aneka mobil tua di lantai dua, kita bisa menengok bagian outdoor STM yang juga memajang ‘saksi bisu’ perkembangan dunia transportasi. Sebut saja lokomotif yang diproduksi Japan National Railway tahun 1937. Anda dan buah hati juga bisa merasakan bagaimana suasana tempo dulu dengan melihat kerangka pesawat terbang model Stinson L-5 Sentinel buatan U-S-A Stinson Aircraft  selama Perang Dunia II.  Masih kurang puas ? coba tengok koleksi lain yakni pesawat tipe Beechcraft Model 18 yang masuk ke Korea saat bergolaknya Korean War.

Pengalaman berlibur Anda dengan buah hati akan lebih menarik dengan mengajak mereka ke Samsung Anycar Traffic Safety Training Center for Children. Zona ini adalah salah satu fasilitas edukasi yang disediakan oleh STM untuk mengetahui bagaimana menghindari kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya itu, kita juga bisa mencoba ‘bicycle licence’. Bagi yang bermain selepas mengunjungi beberapa zona museum, kita bisa menikmati Samsung Anycar Park yang dipenuhi dengan berbagai permainan outdoor dan event-event menarik.  Di penghujung kunjungan sempatkan untuk mampir ke gift shop yang menyediakan berbagai cenderamata STM serta miniatur mobil.


Samsung Transportation Museum buka sejak setiap hari pukul 10.00 – 18.00.  Khusus Senin dan tahun baru, imlek serta Chuseok museum tidak beroperasi. Harga tiket dipatok mulai 6,000 Won untuk dewasa dan 5,000 Won untuk anak-anak. Jika Anda datang dalam kelompok besar harga tiket akan lebih murah.

Nah, jika tertarik menjadikan STM sebagai destinasi keluarga Anda saat liburan ke Korea Selatan, Anda bisa mengakses museum ini dengan menggunakan bus dari Gangnam Subway Station menuju Everland. Opsi lainnya adalah dengan menumpang bus menuju Everland dari Suwon Station.

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar