Rabu, 19 Maret 2014

10 Fakta Menarik Korea Selatan


Semenjak booming-nya K-wave Korea Selatan selalu menjadi perbincangan. Tidak hanya di kawasan Asia namun juga dunia. Gambaran singkat tentang negeri ini bisa kita saksikan dalam K-drama di layar kaca. Namun jika itu belum cukup, simaklah 10 fakta menarik berikut;



1. Tingkat perpindahan penduduk Korea Selatan ke berbagai negara disebut salah satu yang tinggi di dunia. Sebagian besar masyarakat negeri ini pindah ke negara-negara tetangga seperti Cina, Jepang dan negara-negara pecahan Uni Soviet. Amerika Serikat juga menjadi salah satu tujuan emigrasi masyarakat Korea Selatan.


2. Menurut OECD (Organization for Economic Co-operations and Development) Korea Selatan diperkirakan sebagai negara dengan IQ nasional tertinggi.

3. Ilmuwan di Seoul National University berhasil melakukan kloning anjing bernama Snuppy. Ini adalah proyek kloning anjing pertama di dunia.


4. Negara ini sangat mencintai surat kabar. Buktinya ada 63 koran harian cetak yang terbit setiap harinya.

5. Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa mereka harus menyembunyikan sepatu pada malam pertama tahun baru. Jika tidak maka hantu akan mencoba salah satu sepatu tersebut. Jika si hantu menemukan pasangan maka sepatu itu akan dibawa. Akibatnya si pemilik akan bernasib buruk sepanjang tahun.

6. Mitologi Korea menceritakan bahwa Tangun adalah pendiri Korea yang merupakan anak dari Dewa Hwanung. Hwanung bertransformasi dari beruang menjadi wanita.


7. Korea Selatan adalah satu-satunya negara yang benar-benar terhubungan dengan jaringan internet 100 MB.


8. Kristen dan Budha adalah agama paling dominan di Korea Selatan.

9. Memberi tip (imbalan tambahan) bukanlah hal yang lumrah di Korea Selatan.

10. Sebagian besar toko-toko di negeri ini buka hingga pukul 23.00. Restoran, kafe, bar dan penjual makanan kaki lima bahkan tetap buka hingga pukul 04.00.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar