Rabu, 19 Maret 2014

Minuman & Makanan Korea untuk Atasi Flu


Racikan hidangan tradisional Korea dibuat untuk memberi asupan nutrisi dan khasiat bagi tubuh. Termasuk menambah daya tahan tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit. Karenanya mereka lebih suka makan enak daripada minum obat.



Seperti dilansir Seoulistic, ada beragam jenis hidangan tradisional Korea yang disantap saat cuaca berubah. Selain enak, juga menyehatkan. Anda juga bisa membuatnya karena gampang.

1.    Juk


Di Korea, bubur menjadi makanan yang wajib dikonsumsi orang sakit. Teksturnya yang lembut dan hangat lebih mudah dicerna oleh orang yang sulit makan. Bubur Korea, juk, disajikan dengan potongan sayuran, rumput laut, hingga ginseng agar makin sehat dan dapat cepat memulihkan badan.

2.    Kongnamulguk


Kongnamulguk adalah sup tauge yang kaldunya terbuat dari ikan asin dan bumbu lainnya. Walaupun terlihat sederhana, kongnamulguk kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Menikmati kongnamulguk dalam keadaan hangat juga dapat melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek.

3.    Samgyetang


Samgyetang, sup ayam dengan ayam utuh yang diisi dengan beras ketan, ginseng, jujube, kacang gingko dan bawang putih. Perpaduan banyaknya herbal dalam semangkuk sup samgyetang ini sudah pasti dapat menghangatkan tubuh dan mengatasi gejela flu. Ginsengnya dapat dengan cepat mengembalikan energi.

4.    Yujacha


Teh bernama yujacha ini adalah teh citrun yang terbuat dari jeruk yooja yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan madu dan gula, sehingga teksturnya menjadi seperti selai. Untuk menyeduhnya, ambil 1 sendok selai yoojacha dan campurkan dengan secangkir air hangat.

Teh yoojacha kaya akan vitamin C dan dapat meningkakan daya tahan tubuh, menyembuhkan demam, dan meredakan batuk. Teh ini banyak dijual di toko bahan makanan Korea dan Asia.

5.    Yukgaejang

 

YukgaeJang adalah sup daging sapi pedas. Berisi irisan daging sapi, bawang hijau, tauge dan pakis. Karena terbuat dari bahan-bahan yang sehat ditambah dengan rasa pedasnya, yukgaejang dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek. Supnya yang hangat ini juga dapat mengatasi masuk angin.

6.    Maesilcha


Maesilcha adalah teh plum yang dibuat dari plum yang difermentasi dengan madu atau gula lalu diencerkan dengan air dingin. Maesilcha dapat membantu proses pencernaan dan menyembuhkan sakit perut. Maesilcha bisa diperoleh di toko bahan makanan Korea.

7.    Seolleongtang


Seolleongtang, sup dari tulang dan daging sapi yang didihkan hingga beberapa jam sehingga kaldu pun menjadi berwarna putih seperti susu. Disajikan dengan mie, beras, daging, atau sesuai selera. Seolleongtang kaya akan kandungan asam amino yang bagus untuk memulihkan tubuh yang lelah dan menyehatkan pencernaan. Karena kaldu terbuat dari tulang yang kaya akan kolagen, maka sup seollotang ini sangat bagus untuk kesehatan kulit.

8.    Gomtang


Sup ini terbuat dari kaldu sapi yang menggunakan daging bagian sandung lamur, babat, isi perut, buntut, dan direbus selama berjam-jam. Gomtang berbeda dengan seollotang, karena warna kaldunya lebih bening, berminyak, dan lebih kaya rasa. Gomtang sangat cocok disajikan panas-panas saat cuaca dingin dan tubuh sedang membutuhkan energi dan rasa hangat.

9.    Galbitang


Sup ini dibuat dari iga daging sapi dan lobak yang direbus selama sekitar 4-5 jam. Banyak variasi galbitang yang ditambahkan ginseng, jujube, dan kacang pinus agar khasiatnya makin ampuh. Karena konsentrasi tinggi asam amino, vitamin, dan zat besi pada sup ini, galbitang dipercaya mampu mengatasi kelelahan, dan mencegah anemia.

10.    Ogokbap


Semangkuk nasi kukus ini mengandung 5 jenis biji-bijian kaya gizi. Zaman dulu, orang Korea tidak makan makanan bergizi yang cukup selama musim dingin karena tidak ada banyak makanan yang tersedia. Karenanya orang Korea menggunakan biji-bijian kering sebelum musim dingin dan dicampurkan ke dalam nasi. Karena bergizi dan rendah kalori ogokbap sangat cocok untuk yang sedang sakit atau berdiet. Manfaat lainnya, ogokbap juga bagus untuk penderita hipertensi dan diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar