Rabu, 19 Maret 2014

Boyangsik Makanan Korea yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh


Ada sebuah frase Korea yang sangat terkenal yaitu "Makanlah yang sehat dan Anda akan tetap sehat”. Penerapan frase tersebut terlihat dalam makanan “Boyangsik” yang secara harfiah berarti makanan yang menyegarkan tubuh. Boyangsik dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan tubuh (terutama pada perubahan musim), atau untuk menyegarkan tubuh saat sedang lemah. Namun saat ini kebanyakan orang di Korea mengkonsumsi boyangsik sebagai makanan sehari-hari. Bagi chingudeul yang tertarik untuk mencicipi masakan jenis ini, berikut beberapa menu favorit yang tergolong dalam boyangsik.



1.    Samgyetang


Samgyetang adalah makanan boyangsik paling pouler dan biasa dikonsumsi sepanjang tahun di Korea. Samgyetang terbuat dari ayam muda yang diisi ketan, ginseng, jujube, dan bahan-bahan lain dan kemudian direbus. Nutrisi dan kalori yang terdapat dalam makanan ini membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh sehingga sangat cocok mengkonsumsi samgyetang saat musim salju untuk tetap hangat dan musim panas agar tubuh tetap segar.
  •     Restoran Rekomendasi yang menjual Samgyetang di Korea :


Restoran ini pertama kali dibuka tahun 2010 di Insa-dong, Jongno-gu, Seoul. Restoran ini menghidangkan hidangan kerajaan Korea seperti samgyetang. Samgyetang yang dijual disini beragam seperti Insadong samgyetang (14.000 won), Myeongga samgyetang (28.000 won), Hwanghu samgyetang (38,000 won).
Info Restoran : http://bit.ly/W9f6is

2.    Seolleongtang


Seolleongtang terbuat dari bagian-bagian sapi seperti tulang, kepala, daging, dan jeroan yang direbus selama sekitar 10 jam hingga menghasilkan kaldu berwarna putih seperti susu. Hidangan ini biasa disajikan dengan mie dan irisan daging sapi tipis. Proses perebusan yang lama menghasilkan kaldu yang kaya akan asam amino dan calcium yang baik untuk pencernaan dan dapat menyegarkan tubuh yang lemah. Selain itu kandungan kolagen dalam tulang sapi juga sangat baik untuk kulit.
  •     Restoran Rekomendasi yang menjual Seolleongtang di Korea :


Dibuka sejak tahun 1907, restoran ini telah menyajikan seolleongtang selama lebih dari seratus tahun. Restoran ini terletak di dekat stasiun Jonggak di jantung kota Seoul. Beberapa menu andalan di restoran ini adalah seolleongtang (7.000 won), special seolleongtang (9,000 won), dan suyuk (28,000 won).
Info Restoran : http://bit.ly/YFcJ7m

3.    Gomtang


Gomtang terbuat dari iga sapi, kaki, jeroan, dan babat yang direbus selama beberapa jam. Gomtang dan Seolleotang memang mirip, bedanya ada pada kuah. Kuah gomtang lebih bening dibangdingkan seolleotang. Khasiat yang gomtang tidak berbeda juga tidak berbeda jauh dengan seolleotang, kaldu yang hangat sangat baik dimakan saat musim dingin.
  •     Restoran Rekomendasi yang menjual Gomtang di Korea :


Hadongkwan telah menyajikan gomtang selama tiga generasi sejak tahun 1939 dengan menggunakan resep dari keluarga Yangban yang berasal dari Buckhon, Seoul. Menu andalan yang disajikan disini adalah regular gomtang (10,000 won), dan special gomtang (12,000 won). Restoran ini buka mulai pukul 07.00 – 16.30 setiap harinya.
Info Restoran : http://bit.ly/12KvSf8

4.    Galbitang


“Galbitang” atau “Garitang” terbuat dari tulang iga sapi yang dipotong sekitar 5 – 6 cm yang direbus bersama lobak utuh dengan api besar pada menit-menit awal dan kemudian dengan api sedang hingga mencapai 4-5 jam. Saat daging matang, lobak dan tulang dikeluarkan untuk diolah lagi baru kemudian dicampur kembali dengan daging untuk disajikan. Galbitang telah diakui didunia sebagai makanan yang dapat membantu mencegah anemia berkat tingkat tinggi dari asam amino, vitamin dan zat besi.
  •     Restoran Rekomendasi yang menjual Galbitang di Korea :


Budnamujip adalah restoran yang khusus menyajikan hidangan yang terbuat dari daging sapi Korea. Restoran ini menjual galbitang hanya selama jam makan siang dengan harga 15.000won. Setiap harinya restoran ini hanya menyajikan seratus porsi galbitang, sehingga disarankan bagi yang ingin mencicipi hidangan ini harus datang lebih awal atau dijamin akan kehabisan.
Info Restoran : http://bit.ly/15tQXdr 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar