Rabu, 19 Maret 2014

Belajar Mengenakan Hanbok

 

Merebaknya Koreanwave di Indonesia, memaksa kita untuk ingin tahu lebih jauh lagi tentang Korea Selatan. Entah itu tempat wisata, sejarah hingga budaya di Korea Selatan . Bicara soal budaya ada banyak hal budaya Korea yang wajib kita pelajari seperti budaya mengenakan baju tradisional Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hanbok.



Hanbok memiliki peranan penting bagi bangsa Korea, sama halnya dengan arti baju kebaya atau batik buat Indonesia. Baju tradisional Korea ini belakangan menjadi trend artis-artis Korea, tak heran Hanbok pun tak hanya lagi dikenakan untuk acara formal saja, melainkan semi formal juga. Banyak diantara kita yang bingung bagaimana cara mengenakan hanbok.


Nah, kali ini KTO Indonesia akan bagi-bagi info bagaimana cara mengenakan Hanbok dan tak hanya itu Hanbok pun mencakup aksesoris yang wajib kita ketahui, dan bagian-bagian itu meliputi :


1. Jeogori: ialah bagian atas dari Hanbok ( baju ).Untuk Hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut.
2. Dong Jeong: yaitu kerah yang berwarna yang berwarna putih .
3.  Otgoreum (Cloth Strings):  adalah pita yang dipakai pada baju Hanbok untuk wanita, yang melintang hingga ke Rok ( chima )
4. Chima : adalah rok pada bagian Hanbok. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.
5.Pattern:  susunan gambar atau garis  dan juga perpaduan warna.

Setelah kita mengenal beberapa aksesoris hanbok, kita akan belajar memakai ( pita ) pada Hanbok, karena walaupun nampak sederhana, namun seringkali kesulitan .

1. Ada dua sisi yang kita anggap A ( kiri )  dan B ( kanan ) . Letakkan sisi A di atas sisi B.
2. Sisi A putar dan tarik ke atas.
3. Dengan panjang kira-kira 10 cm lipat sisi B
4. Kembali sisi A diputar ( di talikan ) lagi
5. Tarik dan rapikan.
6. Atur keserasian panjang antara kedua sisi tersebut.

Semoga pelajaran diatas bisa menambah wawasan kalian mengenai bagaimana cara mengenakan Hanbok. Selain itu kitapun tahu aksesoris apa saja yang dipakai pada saat mengenakan Hanbok, semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar