Rabu, 19 Maret 2014

10 Fakta Tentang Seoul


Seoul adalah salah satu kota metropolitan dunia. Modernisasi dan kekayaan budayanya membuat Seoul istimewa. Berikut adalah 10 fakta tentang Seoul yang wajib chingudeul ketahui.



1. Seoul dikenal dengan kota yang memiliki banyak nama berbeda. Sedangkan nama ‘seoul’ sendiri diyakini berasal dari huruf Korea ‘seoraneol’ yang berarti ibu kota.

 

2. Kota Seoul pertama kali didirikan pada 18 SM oleh Baekje, salah satu dari 3 kerajaan Korea. Seoul juga sudah menjadi ibukota pada masa Dinasti Joseon dan kekaisaran Korea. Selama masa kolonialisme Jepang pada awal abad 20, Seoul dikenal dengan nama Gyeongseong.

3. Pada tahun 1945 Korea merdeka atas penjajahan Jepang. Sejak saat itulah kota ini resmi bernama Seoul. Pada 1949 Seoul dipisahkan dari Provinsi Gyeonggi dan menjadi special city. Dalam Perang Korea pada tahun 1950 Seoul diduduki oleh Korea Utara. Hal tersebut mengakibatkan kota ini nyaris hancur. Pada tanggal 14 Maret 1951, pasukan PBB mengambil alih Seoul dan sejak saat itu, pusat pemerintahan Korea Selatan ini dibangun kembali.

4. Sebagai salah satu kota terbesar di dunia Seoul menjadi markas bagi banyak perusahaan internasional. Sebut saja Samsung, LG, Hyundai dan KIA. Selain dihuni banyak perusahaan multinasional, pembangunan Seoul juga difokuskan pada sektor pariwisata serta manufaktur. Kota ini juga populer sebagai destinasi belanja yakni Dongdaemun Market yang merupakan pasar terbesar di Korea Selatan.

 

5. Oleh karena populasinya sangat besar dengan kawasan yang relatif kecil, angka kepadatan kota ini pun cukup tinggi yakni 17.288 orang perkilometer persegi. Hal itu menyebabkan banyaknya gedung tinggi dan apartemen.

 

6. Seoul terletak di sebelah barat laut Korea Selatan dengan luas wilayah 605,2 km persegi. Kota ini dilewati aliran sungai Han yang pada masa lalu digunakan untuk rute perdagangan ke Cina. Kini sungai Han tak lagi digunakan untuk pelayaran.

7. Seoul dikelilingi gunung, namun wilayahnya justru cenderung datar . Ketinggian rata-rata lanskap Seoul tidak lebih dari 86 meter.

8. Seoul terbagi kedalam 25 daerah administratif yang disebut ‘gu’. Masing-masing gu memiliki pemerintah dan terbagi kedalam beberapa daerah yang disebut ‘dong’.  Setiap gu memiliki populasi dan ukuran yang bervariasi. Seocho adalah gu terbesar di Seoul.

 

9. Iklim Seoul  adalah subtropis. Saat musim panas udara akan terasa sangat panas sedangkan pada musim dingin sangat dingin. Suhu dingin Seoul biasanya terjadi pada Januari yakni mencapai  – 6 derajat celcius sedangkan suhu tertinggi terjadi pada bulan Agustus yakni 29,5 derajat celcius.

 

10. Sejarah Seoul yang sangat panjang membuat kota ini menjadi rumah bagi sejumlah situs bersejarah dan monumen. Tak heran jika di kota ini ada 4 tempat yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO yakni Kompleks Istana Changdeokgung, Benteng Hwaseong, Jongmyo Shrine dan Royal Tombs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar