Rabu, 19 Maret 2014

Serba-serbi Korea Selatan


Korea Selatan, khususnya Seoul kini menjelma sebagai primadona wisata Asia. Seiring dengan makin digandrunginya K-Pop dan K-drama, negeri gingseng ini menjadi salah satu destinasi wisatawan dengan jumlah yang cukup besar. Jika Anda adalah bagian dari pelancong yang ingin menikmati keindahan Korea Selatan, berikut adalah informasi seputar serba-serbi negara 4 musim tersebut terkait dengan business hours dan transaksi perbankan. (sumber : asiaenglish.visitkorea.or.kr)



Business Hours

1. Bank
Hari kerja : 09.00 – 16.00
Akhir pekan dan hari libur nasional : tutup

2. Kantor pemerintah
Hari kerja : 09.00 – 18.00
Akhir pekan dan hari libur nasional : tutup

3. Kantor pos
Hari kerja : 09.00  -18.00
Sabtu : 09.00 – 13.00
Minggu dan hari libur nasional : tutup

4. Kantor diplomatik
Masing-masing kantor memiliki kebijakan jam operasional yang berbeda. Anda bisa mengeceknya di laman http://www.mofa.go.kr/ENG/main/index.jsp.
Akhir pekan dan hari libur nasional : tutup

5. Departemen Store
Jam operasional : 10.30 – 20.00
Satu hari dalam satu bulan (biasanya  hari Senin) departemen store tutup. Namun begitu hal ini tergantung dengan kebijakan masing-masing pengelola.

Bank dan ATM

1. ATM (Automatic Teller Machines/Anjungan Tunai Mandiri)
ATM dengan logo PLUS dan CIRRUS adalah kartu yang paling mudah digunakan dan diterima secara luas di Korea. Beberapa tempat bahkan menerima kartu internasional dengan logo China UnionPay,  Maestro, Electron dan JCB Cards. Bank yang memiliki ATM bisa digunakan untuk penarikan, deposito, dan transfer. Namun karena semua transaksi ATM membutuhkan akun bank Korea, maka transaksi menggunakan ATM tidak nyaman untuk wisatawan internasional kecuali untuk penarikan uang tunai. Jika Anda memiliki akun di Citibank, kita akan lebih mudah melakukan aneka transaksi. Cukup kunjungi lokasi Citibank terdekat untuk melakukan berbagai transaksi. Beberapa mesin ATM /CD beroperasi 24 jam per hari. Sebagian lainnya buka sejak pukul 08.00 – 24.00.

Mesin CD atau cash dispenser machines (CDs) yang hanya melayani penarikan uang bisa ditemukan di subway, toko, stasiun kereta api, terminal bus, departemen store. Kebanyakan mesin ini buka 24 jam sehari dan melayani transaksi tunai sebesar 10.000 Won pada setiap unitnya. Mesin-mesin ini menampilkan petunjuk dalam bahasa Inggris selain Jepang dan China.

Oya, ada kalanya saat menarik uang pada CDs transaksi kita gagal walaupun logo pada kartu debit internasional sudah sama dengan yang ada di mesin. Untuk menghindari hal itu terjadi, utamakan menggunakan CDs yang terdapat ditengah pusat perbelanjaan atau fasilitas umum yang banyak dikunjungi orang. Jika gagal transaksi itu terjadi saat Anda menarik uang di CDs yang dekat dengan bank, maka lebih baik Anda meminta bantuan petugas bank tersebut. Jika masih bingung cobalah bertanya ke Korea Travel Phone pada nomor 1330.

2. Bank

-  Korea Exchange Bank
Jika menggunakan kartu dengan logo VISA, PLUS, MASTER CIRRUS dan JCB Cards pada Korea Exchange Bank Anda bisa menarik uang hingga 700.000 Won per transaksi dan hingga 2.000.000 Won per hari. Untuk layanan pada pukul 10.00 – 17.00 Anda bisa menarik uang hingga 700.000 Won. Biaya penarikan tunai akan dibebankan pada transaksi tersebut dengan menggunakan nilai tukar pada hari itu. Layanan Korea Exchange Bank tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang.

-  Shinhan Bank
Bila menggunakan kartu dengan logo PLUS dan Anda menemukan pesan error pada layar monitor mesin ATM, datangilah petugas bank tersebut. Layanan transaksi tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang. Mesin ATM di Shinhan Bank terletak di lantai pertama gedung Korea Tourism Organization dan beroperasi sejak pukul 08.00 – 11.30. Mesin ATM yang beroperasi di tempat lain buka hingga 24 jam per hari.

-  Citibank
Jika memiliki akun Citibank, Anda bisa menarik uang tunai, deposito, dan menikmati jenis-jenis layanan perbankan lainnya. Citibank memiliki 240 lokasi di seluruh Korea. Sebagian besar terletak di Seoul dan kawasan Gyeonggi-do. Sekitar 10 lokasi Citibank tersedia di Gangnam, Myeong-dong, Euljuro dan tujuan wisata lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar