Minggu, 22 Desember 2013

Makanan Tradisional Korea Saat Musim Dingin


Korea Selatan adalah negara yang sarat akan tradisi dan budaya juga makanan-makanan lezat. Bulan Desember di Korea Selatan sudah memasuki musim dingin, saat musim dingin ada berbagai macam makanan lezat yang biasa disantap warga Korea, mulai dari jajanan modern hingga makanan tradisional yang sudah dikonsumsi warga Korea sejak zaman dahulu. Kali ini kita akan melihat beberapa makanan tradisional yang biasa disantap saat musim dingin.

  •   Gimjang Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari rakyat Korea. Saat musim dingin warga Korea memiliki tradisi membuat kimchi bersama-sama dan menyimpannya untuk persediaan musim dingin yang disebut “Gimjang Kimchi”. Pada masa lalu gimjang kimchi adalah satu-satunya sayuran yang tersedia selama musim dingin. Hingga saat ini tradisi ini masih dipertahankan oleh warga Korea.
Resep Kimchi : http://bit.ly/yIctYd
  •   Patjuk

Tanggal 22 Desember warga Korea merayakan hari raya titik balik matahari pada musim dingin yang disebut “Dongji”. Matahari akan terbenam lebih awal sehingga akan terjadi siang terpendek dan malam terpanjang. Pada hari ini warga Korea biasanya akan menyantap bubur kacang merah yang disebut “Patjuk” yang menurut tradisi Korea dapat menjauhkan roh jahat. Saat ini ritual Patjuk sudah jarang dilakukan, namun warga Korea masih gemar menyantap Patjuk yang dijual di toko atau kedai saat musim dingin.
Resep Patjuk : http://bit.ly/1cNvZb4
  •   Manduguk

Mandu-guk (sup pangsit) adalah hidangan yang secara teratur dimakan oleh warga Korea di musim dingin. Hidangan ini berupa pangsit yang diisi dengan daging sapi dan sayuran cincang, kemudian direbus dalam kaldu dengan kue beras (tteok) iris. Beberapa restoran menyajikan mandu dengan berbagai warna yang terbuat dari pewarna alami untuk memberikan tampilan berbeda. Sup ini biasa dimakan sepanjang tahun namun sesuai tradisi sup ini sangat umum dimakan saat tahun baru.
Resep Manduguk : http://bit.ly/rAOmtk
  •   Tteokguk

Tteokguk adalah makanan wajib saat merayakan Seollal atau tahun baru Imlek Korea yang biasanya dirayakan sehari setelah tahun baru Cina yang masih berada di musim dingin. Sup ini terbuat dari tteok yang diiris tipis dimasak dalam kuah kaldu sapi dan diberi tambahan daging sapi, irisan rumput laut, telur dan daun bawang kemudian disajikan saat masih hangat.
Resep Tteokguk : http://bit.ly/16B0kVC
  •   Ogokbap

Ogokbap adalah makanan khas dari Festival Jeongwol Daeboreum (bulan purnama pertama), yang berupa nasi putih yang dicampur dengan lima jenis biji-bijian seperti : beras ketan, ketan millet, kacang merah, ketan kaoliang, dan kacang hitam. Jenis biji-bijian yang digunakan biasanya berbeda disetiap daerah tergantung tradisi setempat. Menyantap hidangan ini bagi warga Korea berarti memberikan harapan keberuntungan yang baik di tahun mendatang.
Resep Ogokbap : http://bit.ly/i0D4Ym

Tidak ada komentar:

Posting Komentar