Jumat, 06 Desember 2013

Jajanan Favorit di Myeongdong dan Insadong


Dengan suasana yang unik dan ramai, Insadong dan Myeongdong menjadi jalan paling populer yang penuh dengan wisatawan yang sibuk berbelanja dan berburu kuliner Korea. Walaupun kedua tempat ini hampir serupa namun masing-masing tempat memiliki ciri khas yang berbeda soal jajanan tradisional.


Di Insadong kita dapat melihat gerobak-gerobak yang menjual kue tradisional dan beberapa jajanan masa lalu yang terdapat diantara toko oleh-oleh tradisional Korea. Sementara di Myeongdong kita dapat melihat warung-warung pinggir jalan yang menjual tteokbokki, odeng, dan berbagai makanan yang digoreng.

Jajanan Favorit di Insadong

1.    Kkultarae (꿀타래)


Terbuat dari madu yang dikeraskan dan tepung gandum, kudapan ini memiliki rasa yang manis dan tampak seperti helaian benang berwarna putih yang disusun rapih. Kkultarae sendiri berarti, gulungan madu. Kudapan ini biasanya diisi almond, walnut, kacang pinus, kacang tanah, kacang hitam, dan biji wijen hitam. Saat membeli kudapan ini, pengunjung bisa melihat langsung cara pembuatannya yang unik. Satu kotak Kkultarae isi 10 biasanya dihargai 5.000 Won.

2.    Hotteok (호떡)


Hotteok adalah salah satu jajanan yang paling popular terutama saat musim dingin. Kudapan ini terbuat dari tepung atau adonan beras ketan yang diisi dengan campuran gula, kacang tanah dan bubuk kayu manis dan kemudian digoreng diatas wajan panas. Satu potong Hotteok biasanya dijual sekitar 900 Won.

3.    Gukhwappang (국화빵)


Gukwappang terbuat dari adonan yang dituangkan ke dalam cetakan berbentuk bunga krisan lalu diisi dengan pasta kacang merah. Kudapan ini disebut Gukwappang karena bentuknya yang kecil dan sama setiap kuenya, seperti dua orang yang sangat mirip satu sama lain. Kudapan ini biasanya dijual seharga 1.000 Won untuk pembelian empat sampai enam kantong.

4.    Hodugwaja (호두과자)


Hampir mirip dengan Gukwappang, bedanaya adalah Hodugwaja terbuat dari adonan tepung yang dituangkan kedalam cetakan berbentuk kenari dengan isi pasta kacang merah dan sepotong kenari. Harga sekantong Hodugwaja adalah 3.000 Won dan 10.000 Won untuk sekotak Hodugwaja yang dikemas khusus untuk hadiah atau oleh-oleh.

Jajanan Favorit di Myeongdong

1.    Tteokbokki (떡볶이)


Tteokbokki adalah jajanan paling populer di Korea. Kudapan ini terbuat dari Garaetteok, kue beras kering berbentuk silinder berwarna putih, dimasak dengan eomuk (kue ikan), sayuran, dan pasta cabai. Harga untuk satu porsi kudapan manis pedas ini adalah sekitar 2.500 Won – 3.000 Won dan bisa ditemukan hampir disetiap jalan yang ramai di Korea.

2.    Kkochi-eomuk (꼬치 어묵)


Kkochi eomuk, atau fish cake tusuk adalah camilan favorit di musim dingin. Rasanya seperti bakso ikan pada umumnya yang direbus dalam kaldu lobak dan rumput laut. Kecap asin dan saus sambal bisa ditambahkan sendiri sesuai selera. Jajanan ini sangat nikmat dimakan saat musim dingin sebagai penghangat tubuh. Untuk seporsi Kkochi eomuk pembeli cukup membayar 700 Won – 100 Won.

3.    Twigim (튀김)


Twigim adalah istilah umum untuk makanan yang digoreng. Jenis gorengan yang umum dijual disini adalah sayuran, ubi jalar, udang, cumi, dan pangsit yang dicelupkan dalam adonan tepung khusus dan kemudian digoreng. Twigim dapat dimakan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan dicelupkan dalam saus kedelai, atau disiram dengan saus Tteokbokki. Harga seporsinya berkisar antara 2.000 Won - 3.000 Won.

4.    Dak-kkochi (닭꼬치)


Sekilas Dak kkochi mirip dengan sate ayam namun kudapan Korea ini memiliki cita rasa pedas manis khas Korea yang membuat berbeda dengan sate ayam. Orang Korea biasa menyantap kudapan ini sebagai teman utuk minum. Satu tusuk dak kkochi biasanya dijual seharga 1.000 Won – 2.000 Won.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar