Jumat, 06 Desember 2013

Keindahan Korea Furniture Museum


Jika selama ini museum selalu identik dengan tempat yang kumuh dan membosankan, opini Anda itu pasti akan langsung berubah saat mengunjungi Korea Furniture Museum, Seoul,  Korea Selatan. Mengapa ?


Korea Furniture Museum justru jauh dengan kesan seperti itu. Disini Anda akan dimanjakan dengan aneka benda-benda mebel tradisional Korea yang diproduksi sejak Dinasti Joseon. Ada sekitar 500 benda yang dipamerkan seperti lemari, meja dan tempat tidur. Senada dengan namanya museum ini tidak meletakkan barang-barang itu sembarangan namun juga memperhatikan keserasiannya dengan interior ruangan. Maka tak heran jika pengunjung tidak hanya disuguhi aneka benda peninggalan namun juga keindahan desain dan dekorasi yang ditampilkan dalam wujud pengaturan ruang yang memberikan pengetahuan kepada wisatawan sekilas gaya hidup masa Dinasti Joseon.


Terletak di atas sebuah bukit di Seongbuk-dong, semangat si empunya museum yang ingin memberikan informasi tata ruang dan benda masa lalu terlihat dari bangunan keseluruhan yang terdiri dari 10 hanok (rumah tradisional Korea). Keseluruhan rumah ini dilengkapi dengan 2.500 furnitur. Ruang pameran ditata berdasarkan tipe benda dan era. Demi memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang bagaimana kehidupan pada masa Dinati Joseon, mereka pun sering menggelar berbagai event seperti pernikahan tradisional, fashion show yang dipadukan dengan acara makan ala Korea.

Museum ini dibuka pada tahun 2008 setelah membutuhkan masa pembangunan selama 14 tahun. Pada tahun 2010 museum ini menjadi tuan rumah acara makan siang untuk para first lady kepala negara yang sedang mengikuti KTT G20. Acara itupun menarik media sehingga banyak diliput dan berhasil memperlihatkan kepada khalayak tentang keindahan museum tersebut.

viewYa, pengelola museum bahkan menggambarkan Korea Furniture Museum dengan 4 kata yakni  nature, philosophy, humanity and  beauty. Itulah impresi yang akan diperoleh saat mengunjungi destinasi wisata yang memucaki daftar objek wisata yang harus Anda datangi saat ke Seoul oleh web travel.cnn.com. Tidak hanya itu, museum ini mungkin tidak seramai tempat serupa lainnya, namun pengelola setempat sepakat bahwa setiap pengunjung harus mendapatkan pengalaman sejarah dan budaya yang berkesan.


Berada di Seongbuk-dong, Seongbuk-gu, Seoul, Anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu jika ingin mengunjungi dan melihat dari dekat Korea Furniture Museum. Para wisatawan bisa melakukan reservasi di nomor telepon +82-2-745-0181 atau mengirim surat elektronik ke contact@kofum.com. Museum ini menerima kunjungan pada hari Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu. Tur bisa dimulai sejak pukul 11.00, 14.00 dan 16.00. Tiket tur dibanderol dengan harga 20.000 Won sedangkan jika ditambah dengan ritual afternoon tea maka Anda harus membayar 40.000 Won.  Untuk mencapai lokasi Korea Furniture Museum Anda bisa naik subway line 4 dari Hansung University Station.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar