Rabu, 18 September 2013

Minuman Tradisional Sehat dari Korea Selatan

Baesuk

Baesuk merupakan salah satu minuman di Korea yang bermanfaar menjaga tubuh agar tetap sehat dan terbeas dari flu saat puasa. Dulunya minuman ini kerap dihidangkan oleh para bangsawan Korea. Baesuk dibuat dari pir Korea  kemudain dicampur dengan jahe, lada butiran, madu, dan pine nuts sebagai pelengkap. Hingga saat ini minuman ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.



Omija Tea

Rekomendasi minuman untuk berbuka puasa yang satu ini namanya Omija Tea. Teh ini memiliki khasiat khususnya digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi batuk dan penyakit ginjal. Omija Tea mengandung  rasa manis, asam, asin, pahit, dan pedas. Bukan hanya itu, tampilan minumana omija tea juga terlihat sangat menarik untuk minuman berbuka.

Yucha Cha

Yuja cha adalah merupakan  teh tradisional Korea (teh herbal) yang terbuat dari jeruk, bentuknya mirip sekali lemon tea.  Cara  membuatnya cukup mudah buah Yuja yang diiris tipis dengan kulitnya dan dikombinasikan dengan madu atau gula, disiapkan sebagai manisan buah. Buah ini begitu siap karena rasa dinyatakan asam dan agak pahit. Yujacha digunakan sebagai obat herbal untuk pilek dan penyakit lainnya khusnya saat musim dingin.

Sujeonggwa

Sujeonggwa merupakan fruit punch tradisional Korea.  Minuman ini memiliki warna coklat gelap dan agak kemerahan. Sujeonggwa dibuat dari buah kesemek kering lalu dicampur dengan kayu manis, jahe, lada dan kacang pinus. Sebaiknya untuk meminum Sujeonggwa ada baiknya di diamkan beberapa jam sebelum disajikan, minuman ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena bisa dihidangkan dingin sebagai pengganti es buah loh!. Di took-toko Korea Sujeonggwa sudah tersedia dalam bentuk kaleng, sehingga sangat mudah untuk dicari.

Daechucha

Daechucha adalah teh tradisional Korea yang dibuat dengan jujubes kering, yang disebut daechu dalam bahasa Korea. Ada dua cara untuk membuat daechucha yakni jujubes kering mendidih atau menipiskan jus jujubes segar atau diawetkan dalam air.Daechucha mendidih dikenal sebagai sumber zat besi, kalium, vitamin B dan C yang baik untuk tubuh.

Subak Hwachae

Subak Hwachae merupakan fruit punch yang sangat cocok untuk minuman berbuka puasa, minuman ini merupakan minuman tradisional di Korea. Subak Hwachae umumnya dibuat dengan berbagai buah-buahan dan minuman yang manis dan disajikan sebagai makanan penutup atau makanan ringan. Dijaman sekarang minuman ini dibuat dengan buah semangka dan melon, bentuknya mirip sekali minuman koktail.

Ginger Jelly

Ginger Jelly merupakan minuman hangat yang cocok disajikan saat berbuka puasa, jeli yang terbuat dari jahe ini mungin rasanya hampir mirip kita jumpai seperti meminum kembang tahu yang biasa dijual-jual di Indonesia. Di Korea sendiri minuman ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar