Rabu, 18 September 2013

Mengenal Bus Express dan Intercity di Korea Selatan


Chingu, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bertransportasi dengan mudah di negeri ginseng, salah satunya dengan memanfaatkan transportasi bus. Ada dua jenis bus yang dikenal di Korea yakni bus express dan intercity bus yang menghubungkan antar kota di Korea.



Menggunakan transportasi bus kedua ini merupakan cara paling popular di Korea untuk menuju ke daerah-daerah di Korea Selatan.  Beragam jaringan luas yang mampu mengekspresiakn bus antar kota  ini tentu membuat penumpangnya nyaman dan mudah bahkan menuju ke lokasi kota terkecil sekalipun di Korea.
Untuk waktu perjalanannya sangat berfariasi tergantung pada kondisi jalan, akan tetapi hampir semuanya berangkat tepat waktu tanpa delay pemberangkatan, mengasyikan bukan?.  Ini juga merupakan alasan mengapa banyak  penumpang yang memilih menggunakan transportasi bus di Korea Selatan.

Nah, selanjutnya untuk mengenakan transportasi ini pengunjung berkewajiban memiliki tiket sebelumnya yang bisa diperoleh dengan cara pemesanan terpadu. Calon penumpang disarankan untuk membeli tiket mereka langsung dari loket tiket bus terminal. Selanjutnya mereka diharuskan untuk memeriksa kembali nomor gerbang dan papan bus di gerbang yang benar, namun biasanya pengecekan ini dilakukan oleh sopir bus atau petugas bus sebelum keberangkatan.  Tiket tersebut diperiksa pada saat naik dan turun dari bus, jadi pastikan tiket ini tidak hilang ya !.


Selanjutnya untuk fasilitas dan lokasi terminal bus ini bisa kita temui di pusat kota.  Biasanya di dalamnya  sudah terdapat fasilitas akomodasi dan restoran di seluruh terminal, sehingga terminal bus dapat menjadi titik awal yang baik untuk perjalanan. Nah  tidak prlu risau diterminal ini sambil menunggu bus, chingu juga bisa menemukan took, toilet, fasilitas ATM dan beberapa terminal besar juga sudah menyediakan restoran, dan pusat perbelanjaan.

Perbedaan antara ekspres dan intercity   
 

Ada perbedaan antara ekspres dan intercity  bus,yakni bus express biasa disebut dengan “Gosok” sedangkan intercity “Sioe”. Kedua bus ini dapat berjalan keluar dari terminal yang berbeda (dari lokasi yang berbeda di kota) sehingga chingu mungkin perlu memeriksa jenis tiket bus tersebut sebelumnya.

Express  bus

Express bus iini sangat cepat dan nyaman karena melakukan perjalanan di tol bebas hambatan.  Express bus berhenti di tempat istirahat tapi jarang membuat perhentian di kota selain tujuan. Tarif yang berbeda berlaku untuk bus biasa dan bus mewah.  Bus mewah ini menawarkan kenyamanan tambahan kursi yang lebih luas.

Intercity bus

Untuk intercity bus terdapat dua macam bus yang tersedia yakni bus biasa dan bus Jikaeng yang  berhenti pada tujuan perjalanan tertentu.  Nah, jika penumpang ingin menuju ke satu tujuan tertentu alangkah baiknya menggunakan bus  Jikaeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar