Rabu, 18 September 2013

Mengenal Pakaian Tradisional Ala Bangsawan Korea Selatan


Budaya Korea Selatan memang menarik untuk dipelajari, salah satu contohnya ialah mengenal pakaian tradisional para bangsawaan Korea pada jaman dahulu. Bicara pakaian tradisional Korea, sering kita kaitkan dengan hanbok, nah untuk menambah pengetahuan chingu semua ternyata pakaian bangsawan di Korea bukan hanya sebatas hanbok saja loh yang kita kenal. Yuk mengenal pakaian tradisonal ala bangsawan Korea lebih jauh lagi.



Hwalot

Pada umumnya hwalot sering dikenakan oleh puteri kerajaan di Korea ketika mereka sedang mengikuti ritual kerajaan pada jaman dinasti Koryo dan Chosun. Hwalot ini dirancang dengan hiasan sulaman bergambar berupa 10 macam binatang dan tumbuhan yang paling melambangkan bangsa Korea. Hwalot kerap kali dijadikan pakaian pengantin dalam upacara pernikahan bangsawan Korea, karena pembuatan hwalot ini pun dihargai tinggi dan rumit untuk dikerjakan oleh sebab itu pakaian ini memang pantas dikenakan pada acara penting para bangsawan Korea.

Wonsam

Wonsam dulunya dikenakan oleh kerajaan Kaesong pada jaman dinasti Chosun. Pakaian ini melambangkan derajat bangsawan Korea pada waktu itu, terutama pada bagian warna dan dekorasi pada bagian dada, bahu dan juga punggung ketika mengenakan pakaian ini.

Dangui

Dangui merupakan pakaian adat yang biasanya dikenakan oleh para istri bangsawan di Korea.  Para istri pejabat ini kerap mengenakan dangui ketika ada acara pertemuan kecil-kecilan atau juga digunakan pada acara besar. Hal yang sangat mencolok dan membedakan derajat pakaian ini ialah untuk kalangan bangsawan biasanya disulam dengan benang emas, sementara untuk kalangan biasa biasanya mengunakan bahan benang biasa yang tidak mencolok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar