Jumat, 04 April 2014

Menyesuaikan Musim dan Pakaian Selama di Korea




Korea memiliki empat musim berbeda yakni musim semi, panas, gugur dan dingin. Nah, sebagai wisatawan yang berencana akan berlibur ke negeri ini. Sebaiknya chingudeul tahu bagaimana karakteristik masing-masing musim serta busana apa yang cocok digunakan.





Musim semi






Musim semi di Korea berlangsung pada bulan Maret hingga Mei. Saat memasuki akhir Mei, cuaca Korea semakin hangat. Pada masa ini berbagai bunga termasuk sakura bermekaran. Pegunungan dan lembah dihiasi bunga indah ini.

Musim semi yang merupakan masa peralihan dari musim dingin ke musim panas, temperatur udara berada dalam kisaran 7,1⁰ C – 17,8 ⁰ C. Yang perlu chingudeul waspadai pada bulan April – Mei adalah suhu udara bisa lebih dingin khususnya setelah matahari terbenam. Untuk itu pakaian luar yang hangat sangat penting dipakai seperti syal, cardigan dan topi.



Musim panas






Musim panas di Korea adalah saat terpanas dan terlembab sepanjang tahun. Masa yang terjadi pada bulan Juni sampai awal September ini  diawali dengan musim hujan yang disebut ‘jangma’ yang umumnya berlangsung pada Juni hingga akhir Juli. Selama periode ini chingudeul harus membawa jas hujan dan payung. Setelah masa jangma berlalu, cuaca mulai memanas hingga 35 ⁰ C – 40 ⁰ C khususnya pada siang hari. Pakaian yang cocok untuk musim ini adalah celana pendek, kaos lengan pendek, kemeja tanpa lengan, topi dan kacamata hitam. Penggunaan tabir surya juga diperlukan.



Musim gugur






Musim gugur berlangsung dari bulan September hingga November. Banyak yang menyebut bahwa musim gugur adalah periode terbaik untuk berkunjung ke Korea. Musim gugur yang sering disebut ‘icheongmabi’ adalah masa transisi antara musim panas dan musim dingin. Cuaca di awal September masih terasa hangat namun semakin dingin pada akhir bulan. Momen yang paling indah adalah saat warna dedaunan mulai berubah warna sepanjang Oktober. Untuk pakaian sebaiknya Anda menggunakan mantel dan jaket untuk menghalau cuaca dingin.



Musim dingin






Jika chingudeul ingin merasakan dinginnya salju, datanglah ke Korea pada bulan Desember hingga pertengahan Maret. Periode ini adalah musim terdingin negeri gingseng. Kawasan seperti Gangwon-do, Gyeonggi-do, Seoul dan Incheon umumnya lebih dingin dari pada Busan dan Pulau Jeju. Pakaian hangat menjadi item yang paling penting untuk dibawa dan dipakai selama berada di Korea. Secara umum perlengkapan yang penting untuk dibawa adalah mantel musim dingin, sweater, syal, sarung tangan dan sepatu boot. Naebok atau pakaian dalam yang panjang (menutupi seluruh tubuh) dengan bahan yang ringan dan desain trendi juga banyak digunakan agar badan lebih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar