Sabtu, 16 November 2013

Lokasi Wisata Utama dan Makanan khas di Sancheong

 
Sancheong adalah sebuah kota di Provinsi Gyeongsangnam yang letaknya berdekatan dengan gunung Jirisan yang kaya akan tanaman-tanaman obat. Sudah sejak lama kota ini terkenal dengan obat-obatan tradisional dan para dokter hebat. Tidak heran jika kota ini menjadi tuan rumah untuk ‘Sancheong Medicinal Herb Festival 2013’ yang digelar tanggal 6 September – 20 Oktober. Bagi yang berminat berkunjung ke kota ini berikut akan kita lihat lokasi-lokasi yang menjadi daya tarik utama kota ini beserta makanan khas yang wajib dicicipi.


Lokasi Wisata Utama di Sancheong

=>    Cheonwangbong Peak of Jirisan National Park


Jirisan National Park adalah taman nasional terbesar di Korea dengan luas  440.517㎢. Taman nasional ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam Korea karena keindahannya yang tidak diragukan lagi. Lembah-lembah indah dan pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah bisa disaksikan dari puncak tertinggi gunung Jirisan yang disebut Cheonwangbong.

=>    Daewonsa Temple of Jirisan National Park


Kuil Daewonsa terletak dibagian timur kaki gunung Jirisan. Kuil ini pertama kali dibangun pada thaun 548 pada masa Dinasti Shilla, tetapi ditutup selama lebih dari seribu tahun hingga kemudian direnovasi, dibuat lebih besar, dan diberi nama Daewon. Kuil ini dikelilingi bukit-bukit indah dan lembah indah yang sayang untuk dilewatkan. Tidak jauh dari kuil ini terdapat telaga Yongso yang terkenal dengan legenda naga.  

=>    Hwangmaesan Mountain


Terletak di Hapcheon, Provinsi Gyeongnam, luas Gunung Hwangmaesan meliputi tiga puncak Habong, Jungbong dan Sangbong. Pemandangan disini bisa dinikmati sepanjang tahun, saat musim semi kita bisa melihat indahnya bunga Azalea dan Rhododendron yang bermekaran diseluruh gunung, pada musim panas mengunjungi lembah dan sungai yang menyegarkan, saat musim gugur pemandangan bunga-bunga dan daun-daun yang berubah warna dapat kita lihat disini dan pada musim dingin kita bisa melihat salju yang menutupi Puncak Dongnipbong.

=>    Makam Raja Guhyeong


Makam ini adalah makam bersejarah yang penting bagi sejarah bangsa Korea. Batu yang terdapat pada gambar adalah makam dari Raja Guhyeong, Raja ke-10 Kerajaan Gaya (42-562), yang juga kakek dari Kim Yushin. Bentuk makam ini pun terbilang unik, ini merupakan makam batu satu-satunya di Korea yang menggunakan desain berlapis.

=>    Namsa Yedamchon Village


Desa Namsa Yedamchon, bersama dengan Desa Hahoe di Andong, adalah desa pelestarian Hanok kuno (rumah tradisional Korea) di Korea. Terletak di kaki Gunung Nigusan didekat sungai Sasucheon yang terkenal dengan airnya yang sejernih kristal membuat desa hanok ini tampak seperti desa impian. Hanok yang ada di desa ini tidak hanya memberikan fasilitas penginapan tapi juga menyediakan program kegiatan tradisional yang dapat diikuti tamu yang menginap.


Makanan Khas di Sancheong

=>    Hanbang ori baeksuk


Hidangan ini mengandung lebih dari tiga puluh jenis tanaman obat, termasuk kulit jeruk kering, kayu manis, dan cengkeh, yang membuat hidangan ini berwarna gelap. Cita rasa yang agak manis dan memiliki khasiat yang dapat menyehatkan tubuh membuat hanbang ori baeksuk sangat tepat untuk diciciipi saat berkunjung ke Sancheong.

=>    Eotang guksu


Hidangan ini berupa mie dengan kuah yang dibuat dari kaldu ikan air tawar seperti ikan mas, ikan lele, mudfish, ikan mandarin dan kemudian ditambahkan sayuran. Rasa kaldu yang khas dan segar ini hanya bisa diperoleh di Sancheong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar